7 Cara Mengecilkan Perut Setelah Lebaran

Home / Tips Diet / 7 Cara Mengecilkan Perut Setelah Lebaran

Saat lebaran semua makanan enak tersaji mulai makanan berat seperti Opor ayam ketupat, Gulai, Rendang, hingga aneka kue kering dan aneka jajanan khas lebaran hmmmm … rasanya susah ditolak dan bikin mulut gak mau berhenti mengunyah. Apalagi suasana yang mendukung karena santai bisa kumpul dengan sanak keluarga membuat tak terasa kita jadi makan berlebihan dibanding biasanya.

Akibatnya banyak yang mengalami lonjakan Berat Badan setelah Lebaran. Bikin Celana jadi sesak gak muat dan ukuran lingkar perut yang bertambah pastinya bikin kita kurang pede. Nah bagi anda yang mau mengembalikan ukuran perut kembali rata setelah lebaran silakan ikuti tips berikut:

  • Olah raga
    Sempatkan untuk olah raga minimal 15-30 menit saja setiap harinya. Lakukan olah raga ringan seperti jogging / lari pagi atau ikut senam aerobik cukup untuk membakar lemak yang ditimbun selama lebaran.
  • Kurangi nasi
    Nasi putih mengandung banyak karbohidrat yang apabila tidak terserap dapat ditimbun menjadi lemak dalam tubuh. Oleh karena itu kurangi porsi nasi putih anda 1/2 dari porsi biasanya. Atau kalau anda tetap ingin makan nasi bisa menggantinya dengan nasi merah yang mempunyai kandungan serat lebih banyak dibanding nasi putih sehingga membuat anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu nasi merah juga mempunyai kandungan indeks glikemik lebih rendah dibanding nasi putih.
  • Minum banyak Air putih
    Memperbanyak minum air putih  selain dapat membantu membuang racun dan hal-hal yang tidak dibutuhkan tubuh juga bermanfaat untuk meningkatkan level metabolisme tubuh. Sehingga pembakaran kalori setelah ber Olah raga jadi lebih maksimal. Disarankan untuk minum 8 gelas air putih setiap harinya untuk agar menurunkan berat badan lebih efektif.
  • Kurangi asupan manis
    Makanan manis mengandung banyak gula yang apabila tidak terserap akan disimpan kembali dalam tubuh dalam bentuk lemak. Apabila anda ingin menurunkan berat badan yang melar setelah lebaran sudah tentu aneka makanan manis dalam berbagai bentuk harus anda hindari. Masalahnya hampir semua makanan dan jajanan yang ada mengandung banyak gula tanpa kita sadari: donat, jus buah, wafer, minuman soda dan sebagainya.
  • Kurangi Gorengan
    Makanan yang diolah dengan cara digoreng memang gurih, namun ternyata ada ongkos mahal dibalik rasa nikmat tersebut. Disinyalir makanan gorengan adalah makanan yang dapat membuat berat badan anda naik dengan mudah. Oleh karena itu hindari makanan yang diolah dengan cara digoreng dan sebagai gantinya makanan yang di rebus, kukus atau bakar.
  • Minum Kopi
    Kandungan zat kafein dalam kopi ternyata bisa membantu sedikit menurunkan berat badan, apalagi kalau disajikan tanpa gula. Hal ini karena kafein meningkatkan tingkat metabolisme dan pembakaran kalori dalam tubuh anda. Selain itu kafein juga dapat menekan nafsu makan anda dan menangkal rasa kantuk dan membuat tubuh merasa segar.
    .
  • Perbanyak Aktivitas fisik
    Kalau anda tidak sempat ke Gym, ada cara mudah untuk menurunkan berat  yaitu dengan melakukan pekerjaan rumah seperti menyapu dan mengepel, merapikan tempat tidur, mencuci dan menjemur baju, membersihkan jendela. Aktivitas fisik diatas bisa membantu anda membakar extra 105-200 kalori dalam 30 menitnya.

Bagaimana … Sudah siap mengecilkan kembali perut yang melar setelah Lebaran ? Selamat mencoba!

 

Banyak berbagi Banyak Rejeki, Bagikan ke teman yang membutuhkan: